Cara Membuat Plugin WordPress

01Agu09

Sebenarnya tutorial ini inginku posting di blog CatatanRudy.com milikku, tapi karena momennya kurang tepat terpaksa ku posting diblog yang ini. Beberapa waktu yang lalu aku berhasil membuat plugin sederhana dan telah aku share di blogku yang satu lagi. Plugin yang aku buat adalah plugin widget untuk sidebar. Dimana pluginku dapat menampilkan jam flash doraemon pada sidebar blog. Dan untuk berbagi kesuksesan, sengaja hari ini ku beritahu rahasia yang sangat sederhana ini. Dibawah ini ada kode contoh yang dapat kamu pelajari. Silahkan simak dan bertanya jika tidak mengerti.

Kode PHP untuk plugin sederhana

<?php
/*
Plugin Name: Plugin Odol Gigi
Plugin URI: https://odolgigi.wordpress.com/cara-membuat-plugin-wordpress/
Description: Cara mudah membuat plugin wordpress yang menggunakan widget untuk sidebar
Author: Rudi Wahyudi
Version: 1.0
Author URI: https://odolgigi.wordpress.com/
*/
function pluginOdolgigi()
{ echo"Hai ini plugin pertamaku";
}
function widgetOdolgigi($args) {
extract($args);
echo $before_widget;
echo $before_title; ?><h2>Plugin Pertamaku</h2><?php echo $after_title;
pluginOdolgigi();
echo $after_widget;
}
function Odolgigi_init()
{ register_sidebar_widget(__('Plugin Pertama'), 'widgetOdolgigi'); } add_action("plugins_loaded", "Odolgigi_init");
?>

Cara Penggunaan

  • Copas kode diatas ke file pluginpertamaku.php
  • Buka FTP blog kamu lalu buat folder pluginpertamaku pada path wp-content/plugins/
  • Upload file pluginpertamaku.php pada folder pluginpertamaku
  • Buka dasbor blog anda
  • Aktifkan plugin
  • Dan lihat hasilnya di pengaturan widget


32 Responses to “Cara Membuat Plugin WordPress”

  1. pertama (maaf) mau nitip pesen buat semua penghuni dunia maya: “ikutan vote dan DUKUNG PULAU KOMODO SEBAGAI 7 KEAJAIBAN DUNIA

  2. Komplit.dengan kodenya..Bagus mas, makasi..

  3. Baru tau ternyata blog ini punyamu ya rud? Heheh..

  4. 6 Prastiy0bkl@yahoo.Com
  5. Berkunjung, moga sukses ya sob.

  6. ga bisa tuh

  7. kok ga bisa yach? susah nich…

  8. sip bandet tuh tips nya,cma sayng aku enggak dong gtu?maklu mabu latihan lagian aku memang buta masalah sprti itu,tpi kalau bleh?tlng dikirimkan cara2 bilkin plugin nya ke email aku dong?boleh g………?

  9. ty infonya………..tapi gue pusing,ngak ada program yang lebih simpel?????
    ty….
    SHS……….LANJUTKAN…….

  10. jasbdjasdhaslkdhxkljsad

  11. 13 bodinz

    gmn crana teh g ngerti uy ada aplikasinya g

  12. mas… tolong kasih contoh tentang basic looping dan hook-nya wp donk🙂

  13. klo mw buka ftpnya dmana?

  14. mau nyoba tapi masih nggak bisa, ada yg bisa bantu? saya punya kode php tertentu untuk autoblog pingin jadiin sebagai plugin tx

  15. wah hebat udah bisa buat plugin, saya pingin bisa tapi bener2 nggak ngerti.
    pinginnya buat plugin tapi yang bisa masukin data. gimana ya caranya.

  16. Tutorialnya simple dan mudah dimengerti.
    Thanks for sharing.

  17. saya sudh lama ngeblog di blogger. Dan ktka pndah ke wordprs langsung jd pemula lagi..hehe. Mungkn tutorial ini bisa sdkt membnt saya.. Makasih banyak gan.

  18. Boleh cuba nih pulgnx gratis ya .. :d thanks

  19. hmm, ok gan. . ini tutonya berguna banget. .🙂

  20. Makasih ya atas informasinya

  21. Makasih buat info-nya.
    ini yang saya cari-cari…😀

  22. thanks gan. udah saya coba, ternyata berhasil. tapi gan kalau truktur php buat plugin ada fungsi2 khusus ga??

  23. mantap mas tutornya,tp kurang jelas mas lw kyk ntu,trima ksih mas

  24. 27 Jefry

    tutorial yang sangat bermanfaat
    terima kasih, izin menyimak..

  25. Asik juga ya bisa bikin plugin sendiri. Trims infonya.

  26. Alhamdulillah, berhasil gan😀

  27. I am not really great with English but I find this real easygoing to understand.

  28. Nanti saya coba ya mas di website wordpress saya


  1. 1 japanese dating

Tinggalkan Balasan

